Selasa, 02 Oktober 2012

Batu Gantung

batu
Bukti kebesaran Allah SWT batu tempat duduk Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi’raj sampai kini masih tetap melayang di udara. Pada saat Nabi Muhammad mau Mi’raj batu tsb ikut, tetapi Nabi SAW menghentakan kakinya pada batu tsb, maksudnya agar batu tsb tak usah ikut. Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tentang batu gantung tsb yang berada dalam masjid Umar (Dome of the Rock) di Lingkungan Masjidil AQSHA di Yarusalem ini foto dari rekan saya , riska sewaktu melawat Al Aqsa (yg sebenarnya) di Jerusalem, Subhanallah … foto ini bisa lolos karena tidak diketahui oleh pihak israel yg menjaga tempatnya dengan sangat ketat.

Machu Picchu

Machu Picchu (“Gunung Tua” dalam bahasa Quechua; sering juga disebut “Kota Inca yang hilang”) adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Daerah ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya pada 1911. Peru kemudian melakukan usaha-usaha legal untuk mengambil kembali artifak-artifak yang dibawa oleh Bingham dari daerah tersebut.
kota ilang
Daerah tersebut kemungkinan adalah simbol yang paling dikenal dari kerajaan Inca. Daerah tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983 sekaligus menjadi obyek yang paling mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata.



Bangunan Ka’Bah

Ka’bah adalah bangunan suci kaum Muslim yang terletak di kota Mekkah di dalam Masjidil Haram. Merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah patokan untuk hal hal yang bersifat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia seperti sholat. Selain itu, merupakan bangunan yang wajib dikunjungi atau diziarahi pada saat musim haji dan umrah.
Ka'bah
Bangunan berbentuk kubus ini berukuran 12 x 10 x 15 meter. Juga disebut dengan nama Baitallah.
Ka’bah yang juga dinamakan Baitul Atiq atau rumah tua adalah bangunan yang dipugar pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail setelah Nabi Ismail berada di Mekkah atas perintah Allah SWT. Dalam Al-Qur’an, surah 14:37 tersirat bahwa situs suci Ka’bah telah ada sewaktu Nabi Ibrahim menempatkan Hajar dan bayi Ismail di lokasi tersebut.
Pada masa Nabi Muhammad SAW berusia 30 tahun (Kira kira 600 M dan belum diangkat menjadi Rasul pada saat itu), bangunan ini direnovasi kembali akibat bajir bandang yang melanda kota Mekkah pada saat itu. Sempat terjadi perselisihan antar kepala suku atau kabilah ketika hendak meletakkan kembali batu Hajar Aswad namun berkat penyelesaian Muhammad SAW perselisihan itu berhasil diselesaikan tanpa pertumpahan darah dan tanpa ada pihak yang dirugikan.
Pada saat menjelang Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi sampai kepindahannya ke kota Madinah. Lingkungan Ka’bah penuh dengan patung yang merupakan perwujudan Tuhan bangsa Arab ketika masa kegelapan pemikiran (jahilliyah) padahal sebagaimana ajaran Nabi Ibrahim yang merupakan nenek moyang bangsa Arab dan bangsa Yahudi serta ajaran Nabi Musa terhadap kaum Yahudi, Tuhan tidak boleh disembah dengan diserupakan dengan benda atau makhluk apapun dan tidak memiliki perantara untuk menyembahnya serta tunggal tidak ada yang menyerupainya dan tidak beranak dan diperanakkan (Surat Al Ikhlas dalam Al-Qur’an) . Ka’bah akhirnya dibersihkan dari patung patung ketika Nabi Muhammad mebebaskan kota Mekkah tanpa pertumpahan darah.
Selanjutnya bangunan ini diurus dan dipelihara oleh Bani Sya’ibah sebagai pemegang kunci ka’bah dan administrasi serta pelayanan haji diatur oleh pemerintahan baik pemerintahan khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Muawwiyah bin Abu Sufyan, Dinasti Ummayyah, Dinasti Abbasiyyah, Dinasti Usmaniyah Turki, sampai saat ini yakni pemerintah kerajaan Arab Saudi yang bertindak sebagai pelayan dua kota suci, Mekkah dan Madinah.
Pada awalnya bangunan Ka’bah terdiri atas dua pintu serta letak pintu ka’bah terletak diatas tanah , tidak seperti sekarang yang pintunya terletak agak tinggi sebagaimana pondasi yang dibuat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Namun ketika Renovasi Ka’bah akibat bencana banjir pada saat Muhammad SAW berusia 30 tahun dan sebelum diangkat menjadi rasul, karena merenovasi ka’bah sebagai bangunan suci harus menggunakan harta yang halal dan bersih, sehingga pada saat itu terjadi kekurangan biaya. Maka bangunan ka’bah dibuat hanya satu pintu serta ada bagian ka’bah yang tidak dimasukkan ke dalam bangunan ka’bah yang dinamakan Hijir Ismail yang diberi tanda setengah lingkaran pada salah satu sisi ka’bah. Saat itu pintunya dibuat tinggi letaknya agar hanya pemuka suku Quraisy yang bisa memasukinya. Karena suku Quraisy merupakan suku atau kabilah yang sangat dimuliakan oleh bangsa Arab.
Karena kaumnya baru saja masuk Islam, maka Nabi Muhammad SAW mengurungkan niatnya untuk merenovasi kembali ka’bah sehinggas ditulis dalam sebuah hadits perkataan beliau: “Andaikata kaumku bukan baru saja meninggalkan kekafiran, akan Aku turunkan pintu ka’bah dan dibuat dua pintunya serta dimasukkan Hijir Ismail kedalam Ka’bah”, sebagaimana pondasi yang dibangun oleh Nabi Ibrahim.
Ketika masa Abdurrahman bin Zubair memerintah daerah Hijaz, bangunan itu dibuat sebagaimana perkataan Nabi Muhammad SAW atas pondasi Nabi Ibrahim. Namun karena terjadi peperangan dengan Abdul Malik bin Marwan, penguasa daerah Syam (Suriah,Yordania dan Lebanon sekarang) dan Palestina, terjadi kebakaran pada Ka’bah akibat tembakan peluru pelontar (onager) yang dimiliki pasukan Syam. Sehingga Abdul Malik bin Marwan yang kemudian menjadi khalifah, melakukan renovasi kembali Ka’bah berdasarkan bangunan hasil renovasi Nabi Muhammad SAW pada usia 30 tahun bukan berdasarkan pondasi yang dibangun Nabi Ibrahim. Dalam sejarahnya Ka’bah beberapa kali mengalami kerusakan sebagai akibat dari peperangan dan umur bangunan.
Ketika masa pemerintahan khalifah Harun Al Rasyid pada masa kekhalifahan Abbasiyyah, khalifah berencana untuk merenovasi kembali ka’bah sesuai pondasi Nabi Ibrahim dan yang diinginkan Nabi Muhammad SAW. namun segera dicegah oleh salah seorang ulama terkemuka yakni Imam Malik karena dikhawatirkan nanti bangunan suci itu dijadikan ajang bongkar pasang para penguasa sesudah beliau. Sehingga bangunan Ka’bah tetap sesuai masa renovasi khalifah Abdul Malik bin Marwan sampai sekarang.


Kota Shantou

bangunan di bEijing
Namanya mungkin tak seberapa menggaung bagi sebagian masyarakat Indonesia, seperti halnya Beijing, Guangzhou, atau Shanghai. Berjarak sekitar enam jam dari Guangzhou, Shantou memang sebuah kota kecil yang kini ibaratnya telah mengalami “operasi plastik” menjadi lebih cantik yang sarat dengan sentuhan modern dan berubah wajah menjadi kota metropolitan.
Kota yang telah berusia 2.100 tahun tersebut masih terlihat cantik dan rapi dibalik tembok benteng yang berdiri kokoh. Dua buah benteng yang terlihat menjulang dibalik tembok akan langsung menarik perhatian sejak pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Kedua benteng itu sarat dengan ukiran khas tradisional China dan dihiasi lampion yang terlihat semakin cantik ketika didekati.
Tembok kokoh yang mengelilingi kota lama ini seolah melindungi kota lama ini seolah melindunginya dari sentuhan modernisasi yang tengah terjadi hampir di seluruh bagian provinsi di China. Setiap orang yang datang pun seakan dibawa masuk ke dimensi waktu lalu yang semakin terlihat kental dengan kehidupan masyarakat sekitar yang juga terkesan masih sederhana dan polos. Kotanya begitu tenang dan indah, sehingga membuat siapa pun betah berlama-lama untuk sekedar menikmati kesibukan warganya atau memandang ke arah sungai Hangjiang yang membatasi kota tersebut, di bawah pohon besar yang berbunga dan berwarna oranye.
Sejak dulu Chauzhou dikenal sebagai tempat pusat kerajinan tangan, seperti keramik, kayu, tanah liat, dan masih banyak lagi. Saat ini pun terdapat berbagai toko yang menjual hasil kerajinan tangan tersebut dan berjejer dengan rapi di bagian dalam kota. Disamping itu, salah satu komoditi yang kerap dicari adalah seduhan teh yang disebut “Tangan Buddha” yang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Teh tersebut konon hanya bisa ditemukan ditempat ini, sehingga tak heran jika banyak orang yang akhirnya memborong teh berwarna hitam yang bentuknya unik ini.
Lepas dari tempat ini, obyek wisata lain yang tak kalah unik adalah Kuil Kaiyuan, yang dibangun pada masa Dinasti Song pada tahun 738. Kuil kuno terseBut hingga kini selalu ramai dikunjungi umat Buddha baik dari dalam negeri maupun mancanegara . Arsitektur China kuno yang masih dipertahankan di setiap sudutnya meski sudah mengalami beberapa kali renovasi makin mencitrakan hasil karya seni yang tinggi.
Provinsi Guangdong yang jujur dan polos memang telah mampu mengukir kenangan tersendiri dalam hati. Masih banyak sudut lain Shantou yang menunggu untuk dijelajahi.

Colosseum

colosseum
Colosseum adalah sebuah peninggalan sejarah berupa gedung pertunjukan yang besar/amphitheatre yang termasuk salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan.” Terletak di Ibukota Negara Italia, Roma, bernama asli “Flavian Amphitheatre”, didirikan oleh Raja Vespasian dan terselesaikan oleh anaknya Titus.
Mengenai tahun pembuatannya sampai saat ini masih ada perbedaan keyakinan. Ada yang berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 79 SM , ada juga yang berpendapat bahwa dibuat antara tahun 70-82 M .Tapi, kebanyakan arkeolog berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 70-82 M. Asal nama Colosseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Colosseum di set untuk menampung 50.000 orang penonton.
Colosseum masih digunakan sampai tahun 217, meskipun telah rusak kebakaran karena disambar petir. Colosseum telah diperbaiki di tahun 238 dan permainan gladiator berlanjut sampai umat kristen secara berangsur-angsur menghentikan permainan tersebut karena terlalu banyak memakan korban jiwa.
Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis binatang sampai pada tahun ke 524. Dua gempa bumi di tahun 442 dan 508 menyebabkan kerusakan yang parah pada bangunan tersebut. Di Abad pertengahan, Colosseum mengalami kerusakan yang sangat parah yang disebabkan oleh gempa bumi lagi yakni pada tahun 847 dan 1349 dan dijadikan sebagai benteng dan sebuah gereja juga didirikan disana.
Banyak batu marmer digunakan untuk melapisi dan membangun kembali bagian-bagian Colosseum yang telah rusak karena terbakar. Pada abad 16 dan 17, keluarga-keluarga Roman menggunakan Colosseum sebagai tempat pengambilan batu marmer untuk konstruksi bangunan St. Peter’s Basilica dan kediaman khusus palazzi, keluarga Roman.
Di tahun 1749, ada sebuah bentuk dari pemeliharaan Colosseum. Paus Benediktus XIV melarang untuk menggunakan Colosseum sebagai tempat penambangan. Di tahun 2000 ada sebuah protes keras di Itali dalam rangka menentang penggunaan hukuman mati untuk negara-negara di seluruh dunia (di Italia, hukuman mati dihapuskan pada tahun 1948). Beberapa demonstran memakai tempat di depan Colosseum. Sejak saat itu, sebagai sebuah isyarat menentang hukum kapital tersebut, penduduk lokal mengganti warna Colosseum di malam hari dari putih menjadi emas dengan menggunakan penerangan berupa lilin dan lampu neon sampai pada saat dimana seluruh dunia menghapuskan tindakan penghukuman mati itu.



8 Gua Bersejarah di Dunia

1. Petra, Jordan
Kota Petra di Yordania dikenal sebagai setting dari film, Indiana Jones dan Perang Salib Terakhir. Ini juga salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru, dan sangat mudah untuk melihat mengapa arsitektur termasuk yang paling canggih yang pernah dilihat. Dibangun ke dalam lereng Gunung Hor, Petra berkembang selama zaman Romawi, tetapi tidak diketahui oleh dunia barat sampai 1812 ketika ditemukan oleh penjelajah Swiss, Johann Ludwig Burckhardt. Lebih dari 800 monumen individu dapat dilihat di Petra, termasuk makam,tempat mandi, ruang pemakaman dan kuil.
 

 
2. Al-Hijr, Saudi Arabia
Di antara situs paling terkenal Arab Saudi arsitektur adalah Al Hijr, juga dikenal sebagai Madain Saleh. Bagian depan tempat tinggal di Al Hijr telah diukir di gunung batu pasir kadang-kadang di milenium kedua SM. Al Hijr - yang secara harfiah berarti 'tempat berbatu' - diyakini telah dihuni oleh Nabataeans dan Tsamud. Ini fitur sumur air, makam monumental awet, prasasti dan gambar gua.

 
3. Rock-Hewn Churches of Lalibela, Ethiopia
struktur paling menakjubkan diukir dari batu adalah gereja-gereja Lalibela, Ethiopia. 11 batu dipahat gereja masing-masing telah diukir dari satu blok granit dengan atap yang di permukaan tanah. Abad ke-12 Raja Lalibela ditugaskan gereja-gereja dengan tujuan menciptakan Yerusalem Baru bagi mereka yang tidak bisa membuat ziarah ke kota aslinya. Setiap gereja diciptakan oleh mengukir parit lebar di keempat sisi batu dan kemudian dengan susah payah memahat keluar interior. Yang terbesar di antara mereka berdiri setinggi 40 meter.

 
4. Abu Simbel Nubian Monuments, Egypt
Empat kolosal patung kuno Mesir Firaun Ramses II penjaga pintu Abu Simbel, sebuah candi dipotong dari tebing batu pasir di atas Sungai Nil. Ditugaskan oleh Ramses sendiri, candi menghadap ke timur sehingga dua kali setahun, sinar matahari mencapai ke dalam tempat kudus terdalam, menerangi patung Ptah, Amun-Re, Ramses II dan Re-Horakhty. Kompleks dipindahkan seluruhnya dari pengaturan aslinya pada tahun 1960 untuk menghindari banjir ketika Danau Nasser telah dibuat.

 
5. Goa Gajah, Elephant Cave Temple, Bali
Gojah goa, Goa Gajah , merupakan salah satu situs Bali yang paling historis signifikan. Gua tampaknya sebagian hancur oleh bencana alam lama, dan tidak terdeteksi selama berabad-abad sampai sebuah tim arkeolog Belanda menemukannya pada tahun 1923. Pemikiran telah dibangun pada abad ke 11, Goa Gojah fitur patung dipengaruhi oleh Hindu dan Budha dan berisi ruang meditasi rahasia bagi para imam atau pertapa. Dua kolam renang mandi tradisional di luar gua mengandung air dikatakan memiliki sifat magis.

 
6. Cappadocia Cave Houses, Turkey
Cappadocia adalah salah satu dari 73 provinsi saat Republik Turki, dan memiliki salah satu pemandangan paling aneh dan menarik di dunia. Tanah, batu kerdil fitur formasi batuan tufa 'vulkanik aneh disebut sebagai' Fairy Chimneys 'serta kota-kota bawah tanah kompleks dan bangunan dipotong dari' tufa 'lembut. Banyak dari mereka adalah gereja, dengan kolom dan lengkungan menghias wajah batu dari sepotong dinyatakan alami dari batu.

 
7. Ancient Rock City of Matera, Italy
Di kota Matera batuan kuno di Italia barat daya, orang tinggal di rumah yang sama persis bahwa nenek moyang mereka tidak 9.000 tahun yang lalu. Matera diciptakan dari jurang berbatu dan gua-gua alam yang banyak di daerah tersebut - disebut 'Sassi di Matera' - adalah rumah pertama dari penduduk Neolitik di wilayah tersebut. Gua menciptakan labirin rumah, dan itu hampir mustahil untuk membedakan formasi batuan alam dari arsitektur kuno. Rumah-rumah tampaknya tumbuh dari batu dengan cara organik, menciptakan sedikit dari objek wisata dari apa yang pada pertengahan abad ke-20 sebuah kota hantu. Matera adalah terutama pengaturan untuk film Mel Gibson "The Passion dari Kristus '.

 
8. Yungang Grottoes, China
Para Grottoes Yungang dari Datong di propinsi Shanxi Cina terdiri dari 53 gua dan 51.000 patung, dan adalah salah satu contoh China yang paling indah seni gua. Menara raksasa Buddha atas pengunjung yang angin melalui gua melihat banyak patung di dalamnya. Sebagian besar karya seni yang pernah di dalam gua-gua itu dicuri di awal abad 20 dan bangunan candi kayu yang dilindungi sekali gua-gua terbakar habis. Jadi, situs ini sekarang sangat membutuhkan perlindungan dan telah bernama sebuah situs warisan dunia UNESCO.


Peradaban manusia tidak pernah terlepas dari bangunan  bersejarah  yang pernah di buat manusia pada  zaman dahulu. Bangunan  bersejarah itu kini tersebar di berbagai belahan dunia dengan  jumlah sampai puluahan ribu namun 6 bangunan berikut merupakan tempat yang paling populer dan sering di kunjungi manusia kamu mau tahu bangunan bersejarah apa aja itu simak 6 Bangnnan Bersejarah Buatan Manusa Paling Populer berikut ini.

Big Ben di London, Inggris

Ada banyak tempat bersejarah yang terkenal di London, seperti Tower Bridge, Gedung Parlemen, dan Istana Buckingham. Namun, tempat yang paling terkenal dari semuanya adalah Big Ben. Ini adalah menara jam yang melambangkan tekad rakyat Inggris untuk keluar dari penjajahan Perang Dunia II. Untuk memanjat menara jam setinggi 16 lantai ini, Anda perlu memiliki kondisi tubuh yang prima karena tidak ada lift.

Colosseum di Roma, Italia


Colosseum Roma telah menjadi atraksi yang populer di Ibu Kota Italia selama ratusan tahun. Dibutuhkan imajinasi Anda kembali ke zaman para singa dan gladiator ketika berkelahi di tengah arena di depan banyak orang. Bangunan Colosseum kini memburuk akibat ulah pencuri batu dan gempa bumi. Namun, Anda masih bisa melihat sisa-sisa arsitektur menakjubkan dan keterampilan rekayasa pada tempat ini.
Tembok Besar di China

Dinding besar China telah populer selama berabad-abad. Dengan panjang 5.500 mil, nyatanya ada beberapa dinding terkikis selama berabad-abad, tetapi bagian lain tetap dalam kondisi baik, terutama di sekitar Mutianyu dan Badaling. Hampir 200 mil dari dinding yang ditutupi dan disembunyikan oleh pasir, ditemukan Mongolia pada 2009.

Katedral Notre Dame di Paris, Prancis

Paris Notre Dame merupakan katedral yang paling dikenal di Prancis karena arsitektur megahnya dan kaca berwarna-warni. Juga, karena pengaturan novel Notre Dame yang ditulis oleh Victor Hugo. Jika ingin melihat dari dekat sampai pada gargoyle, Anda perlu mendaki lebih dari 300 langkah menuju menara utara.

Masjid Biru di Istanbul, Turki

Masjid Biru di Istanbul yang menakjubkan telah selesai pengerjaan renovasinya pada 1616. Ini menjadi salah satu tempat bersejarah yang paling dikenali di kota Turki sejak saat itu. Masjid ini terletak di sebelah Hippodrome dan menghadap ke Hagia Sophia. Ada sekira 21.000 ubin biru yang indah di dalam masjid serta 260 warna-warni kaca jendela.

Opera House di Sydney, Australia

Spektakuler Sydney gedung opera ini dirancang oleh Jorn Utzon, dan menjadi salah satu struktur dunia yang paling dikenal. Atap cangkang putih menyatu sempurna dengan air biru dari Sydney Harbour yang berada di belakangnya. Opera House digunakan untuk area hiburan setiap pekannya, seperti balet, musik, drama, opera, dan pertunjukan oleh Sydney Philharmonic Orchestra.

10 Tembok Paling Bersejarah Di Dunia


Tembok Paling Bersejarah di Dunia
Perjalanan sejarah banyak meninggalkan kenangan, rekam jejak atau situs yang masih berdiri hingga saat ini. Tembok dapat merupakan sisa-sisa reruntuhan masa lalu dan juga sebagai tugu peringatan atas kejadian pada masa lalu yang berpengaruh pada peradaban di masa kini. Berikut ini adalah 10 tembok yang paling bersejarah dan selalu dikenang orang.

10. Tembok Green Monster – Boston, AS

Green Monster, Fenway Park-Boston. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Green Monster adalah tembok yang pernah hancur karena kebakaran yang terjadi di Fenway Park, Boston, Amerika Serikat. Tembok setinggi 10 meter yang dibangun 1934 kembali di bangun dan restorasi bukan dengan beton maupun semen tetapi dengan dilapisi kertas, untuk menciptakan kesan kuno dan mengenang kejadian masa lalu yang mengerikan itu.

9. Tembok Santa Maria delle Grazie – Italia

Santa Maria delle Grazie. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Santa Maria delle Grazie adalah sebuah tembok didalam sebuah gereja di Italia yang mana diletakan lukisan fenomenal Leonardo da Vinci “Perjamuan Terakhir”. Tembok Santa Maria delle Grazie merupakan prasasti tembok paling bersejarah di dunia, karena di masa Perang Dunia II tahun 1943 gereja ini pernah di bom, beberapa bagian dinding selamat termasuk tembok dimana “Perjamuan Terakhir” berada.

8. Tembok Tzompantli – Meksiko

Tembok Tzompatli. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Tzompantli termasuk salah satu tembok yang paling bersejarah di dunia yang terbuat dari tengkorak-tengkorak manusia. Tembok Tzompantli awalnya adalah sebuah rak tempat penyimpanan tengkorak manusia dari korban persembahan suku Aztec dan hasil tawanan perang. Ada lebih dari 60.000 kepala disimpan di tembok ini. Tzompantli terletak di komplek Piramida Besar Tzompantli, kini tembok tersebut oleh pemerintah setempat sudah dipugar dengan bantuan plesteran agar tembok ini tetap terjaga sebagai peninggalan sejarah. Reruntuhan situs ini dapat anda kunjungi di Meksiko.

7. Tembok Medinet Habu – Mesir

Medinet Habu. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Medinet Habu adalah komplek kuil peringatan atau komplek pemakaman yang diperuntukan bagi Ramses III. Tembok Medinet Habu mengelilingi kuil peringatan (Mortuary Kuil) dengan luas sekitar 7.000 meter persegi. Disepanjang tembok ini dihiasi dengan ukiran-ukiran atau relief sejarah dan beberapa diantaranya dihiasi ukiran Koptik. Hingga saat kini, masih dilakukan penggalian untuk menemukan reruntuhan bekas peradaban Mesir kuno ini. Tembok Medinet Habu terletak di bagian Tepi Barat dari Luxor di Mesir.

6. Tembok Hadrian – Inggris

Tembok Hadrian. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Tembok Hadrian dibangun di masa Kekaisaran Hadrianus dari Roma Kuno, Inggris, di tahun 753 SM hingga 476 M. Tembok Hadrian merupakan salah satu tembok paling bersejarah yang dibangun sebagai pertahanan militer atau mencerminkan kekuasaan Roma. Panjang tembok Hadrian terbentang sejauh 120 km merupakan salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO tahun 1987.

5. Tembok Kremlin – Moskow

Tembok Kremlin adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Tembok Kremlin di Moskow, Rusia sering disebut sebagai komplek benteng paling bersejarah di dunia sebagai simbol sejarah Rusia di abad ke 12. Di area benteng tembok Kremlin terdapat jenazah tokoh Rusia Stalin dan Brezhnev. Tembok Kremlin pada mulanya hanya dibangun dengan kayu sederhana dan sempat hancur oleh invasi tentara Mongol-Tartar tahun 1238 yang kemudian dibangun kembali oleh Knyaz Ivan Kalita. Tembok berwana merah bata ini berdiri sepanjang 1,4 mil dan masih kokoh berdiri selama lebih dari 700 tahun.

4. Tembok Berlin – Jerman

Tembok Berlin adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Tembok Berlin adalah tembok paling bersejarah yang syarat dengan kejadian atau peristiwa yang menarik perhatian dunia yang memisahkan antara Jerman Barat dengan Jerman Timur. Jerman Timur yang berideologi sosialis dibawah administrasi Uni Soviet sedangkan Jerman Barat menganut paham demokratis dibawah kendali AS, Inggis dan Prancis. Tembok Berlin dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) di tahun 1961 dan berdiri selama 28 tahun, bertujuan untuk mengisolasi Jerman Barat dan mencegah migrasi/eksodus warga Jerman Timur ke Jerman Barat yang keadaan perekonomiannya lebih kondusif. Tembok Berlin tidak hanya membentang lurus tetapi juga mengelilingi Jerman Barat. Banyak warga Jerman Timur yang membelot dan mencoba kabur ke Jerman Barat dengan memanjat tembok namun usaha mereka gagal dan banyak yang tewas ditembak oleh penjaga. Tembok Berlin runtuh tanggal 3 Oktober 1990, yang sebelumnya ditahun 1989 terjadi perubahan politik dikawasan itu yang menandakan reunifikasi Jerman Barat dengan Jerman Timur.

3. Tembok Memorial Veteran Vietnam – Washington, AS

Tembok Memorial Veteran Vietnam, salah satu tembok peling bersejarah di dunia.
Meskipun Tembok Memorial Veteran Vietnam bukanlah bangunan tua (dibangun 13 November 1982) namun tembok ini termasuk tembok paling bersejarah di dunia. Di sepanjang tembok ini tertera nama-nama anggota angkatan bersenjata Amerika Serikat yang ikut berjuang di Perang Vietnam dan sebagai tugu peringatan Perang Vietnam tahun 1955 hingga 1975. Amerika terlibat Perang Vietnam karena ingin mencegah berkembangnya paham komunis di Vietnam Utara. Tercatat sedikitnya 58.195 orang tentara Amerika yang tewas atau hilang di Perang Vietnam. Amerika mengalami kekalahan besar dalam menghadapi pasukan gerilyawan Vietnam.

2. Tembok Baja Gaza – Palestina

Tembok Gaza adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.
Inilah tembok yang mengandung unsur pelanggaran HAM terbesar di dunia dan paling bersejarah di dunia. Tembok Gaza dibangun oleh Israel secara intens sejak tahun 1994 dan selesai pada tahun 2005 yang memisahkan Jalur Gaza dan Mesir. Pembangunan tembok pemisah ini mengundang kecaman dari berbagai negara. Tembok Gaza dibangun dengan dalih untuk menjaga stabilitas dan mencegah terjadinya penyelundupan senjata, namun faktanya tembok Gaza telah mengisolasi warga Palestina khususnya di wilayah Jalur Gaza dengan dunia luar. Proyek tembok baja ini melibatkan 4 negara: Amerika, Israel, Perancis dan Mesir dengan kepentingannya masing-masing. Pemerintahan Obama menggelontorkan dana sebesar 50 juta Dollar untuk kepentingan spionase (kamera, alat penyadap, alat pengintai). Israel menghentikan suplai bahan makanan ke wilayah Gaza sehingga masyarakat Gaza di kota Rafah kini hidup dalam kesengsaraan, terpenjara dan hidup tidak layak. Telah banyak bantuan yang diperuntukan kepada masyarakat Gaza, seperti aksi Freedom Flotilla dengan menggunakan kapal Mavimarmara yang diblokade Israel hingga akhirnya diserang oleh militer Israel.

1. Tembok Besar – Cina

Tembok Besar Cina adalah tembok paling bersejarah di dunia.
Tembok Besar – Cina adalah tembok yang paling bersejarah di dunia. Tembok Besar Cina dibangun pada abad ke-15 SM yang dibangun dengan tujuan melindungi perbatasan utara Kekaisaran Cina dari para penyusup Xiongnu. Tembok sejauh 8.851 km dari Shanhaiguan (provinsi Hebei) di bagian timur hingga ke Lop Nur (danau di Ugyur Xinjiang) di bagian barat. Tembok Besar Cina telah mengalami perbaikan dan perbaikan guna mempertahankan berdirinya Tembok Besar Cina, Perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah RRC agar wisatawan dapat menikmati situs warisan dunia ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar